Jumat, 21 Desember 2012

Tips Mudah Memilih Antivirus Terbaik Untuk Komputer Anda

antivirus terbaik


Antivirus lama Anda kebobolan? Bingung memilih antivirus terbaik? Tips-tips berikut ini akan membantu Anda memilih antivirus. Tidak hanya antivirus terbaik, tapi antivirus yang tepat guna.

Pertimbangkan Kegiatan Anda

Apakah komputer Anda terhubung dengan internet? Sering menggunakan internet? Jika ya, Anda harus memilih antivirus dengan fitur pelindung online. Lain halnya jika Anda tidak menghubungkan komputer ke internet. Antivirus standar sudah cukup untuk melindungi komputer Anda.

Lalu bagaimana membedakan antivirus standar dan antivirus untuk internet?

Mudah saja. Antivirus standar biasana hanya akan mencantumkan mereknya saja dan disertai kata ‘antivirus‘. Sedangkan antivirus untuk internet biasanya ditambah dengan kata ‘internet‘.

Antivirus StandarAntivirus untuk Internet
AVGAVG Internet Security
Kaspersky Antivirus (KAV)Kaspersky Internet Security (KIS)
AviraAvira Internet Security
Norton AntivirusNorton Internet Security

Selain ciri tersebut ada juga antivirus yang menggunakan kata “smart” atau “total” untuk versi internetnya. Misalnya adalah ESET Smart Security dan Bit Defender Total Security. Jika Anda masih ragu apakah antivirus tersebut adalah versi standar atau untuk internet, tanyakan saja pada penjualnya. Namun ingat, tidak semua penjual tahu bedanya. Saya sendiri pernah tertipu. Ketika ditanya, si penjual menyebutkan versi internet security, setelah dibuka ternyata versi antivirus standar.

Spesifikasi komputer

Perhatikan spesifikasi komputer Anda. Apakah komputer Anda memenuhi system requirements antivirus tersebut?
Jika Anda memiliki komputer keluaran lama, jangan memilih antivirus terbaru. Komputer Anda bisa saja tidak sanggup menjalankan antivirus tersebut. Bila sanggup pun, komputer akan bekerja sangat berat. Dari pengalaman saya, antivirus terbaru masih dapat dijalankan dengan lancar pada komputer/ laptop yang diproduksi maksimal 4 tahun yang lalu.

Gratis atau berbayar?

Antivirus gratis biasanya sudah cukup untuk pemakaian komputer standar, tidak terhubung dengan internet, dan tidak terlalu sering memasukkan flashdisk atau removable storage lainnya (misal: memory card, hard disk eksternal, dll).
Namun apabila Anda pengguna komputer yang aktif, semua pekerjaan Anda menggunakan komputer, menyimpan file-file penting, sering online, maka sebaiknya Anda menggunakan antivirus berbayar. Antivirus berbayar menawarkan perlindungan yang lebih baik daripada versi gratisnya.

Fitur tambahan lain

Apakah Anda memerlukan fitur tambahan dari sebuah antivirus? Misalnya password manager? Gaming mode? Parental control? Pilihlah antivirus dengan fitur-fitur yang Anda perlukan. Jangan serakah ingin antivirus dengan banyak fitur tambahan. Antivirus dengan banyak fitur tambahan biasanya berat untuk dijalankan, dan akibatnya komputer jadi lambat.

Review

Setelah memilih antivirus yang ingin digunakan, baca dulu review tentang antivirus tersebut. Apakah merek tersebut sering kebobolan virus atau tidak? Bagaimana performa nya? Bacalah berbagai review. Bila perlu, tanyakan juga pada teman Anda yang pernah menggunakannya.
Ini penting agar Anda tidak menyesal memilih antivirus tersebut, apalagi jika Anda hendak menggunakan antivirus berbayar.

Kesimpulan

Kesimpulan dari poin-poin di atas adalah, antivirus terbaik adalah antivirus yang sesuai dengan kebutuhan. Jika berlebihan akan memberatkan komputer. Namun jika terlalu sederhana juga akan membahayakan komputer. Bagaimana menurut Anda? Anda punya tips lain memilih antivirus terbaik?

sumber

By: Acek prakasa ( http://prakasasion.blogspot.com )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar