Kamis, 04 November 2010

ISTILAH-ISTILAH KOMPUTER 2

Kalo kita benar-benar ingin mendalami dunia komputer mau ga mau kita harus sering-sering ngajak dia kencan atau pacaran maksudnya sering main komputer dan mau belajar.

Lepas dari itu komputer juga mempunyai istilah istilah yang membuat kita males buat ngapalin tapi ya lagi-lagi mau ga mau kita harus sedikit demi sedikit untuk menghafalnya ga hafal banget juga ga apa-apa minimal mah ngerti dan tau aja.

Sebenarnya aku juga belum ngerti semua tentang istilah-istilah komputer, postingan ini juga aku ambil dari beberapa sumber yang sudah aku ringkas biar pas buat kita pemula tujuanya hanya untuk kita hafal bareng-bareng.

Mari kita sama-sama baca istilah-istilah yang membingungkan ini

SERVER : Suatu unit yang berfungsi untuk menyimpan sebuah informasi dan untuk mengelola suatu jaringan komputer, komputer server akan melayani client (worstation) yang terhubung ke jaringanya, server ini biasanya berupa komputer indul yang menyediakan informasi, file, halaman web atau layanan lainya.

SCRIPT : Adalah jenis program yang terdiri dari serangkaian instruksi berupa script-script yang dapat di gunakan oleh aplikasi atau utilitas lain.

JAVA : Bahasa pemograman berbasis obyek yang sederhana, yang tidak tergantung pada platform dan sistem operasi.

DATA : Adalah unit informasi dalam format tertentu, data cenderung berbentuk sebuah file, teks, angka dll yang tersimpan pada memori elektronik.

PROGRAM : Sekumpulan instruksi untuk memanipulasi data, program sendiri cenderung ke software

CSS (Cascading Style Sheets) : Adalah cara yang memungkinkan pengembang mengendalikan gaya dan layout tampilan web sekaligus.

CRACK : Biasa di dengar meng-crack adalah menyalin software komersial secara ilegal dengan menghilangkan proteksi untuk penyalinan dan teknik registrasi yang di gunakan, ini biasanya di lakukan padasoftware agar software yang tadinya hanya dapat di gunakan oleh seorang pengguna dengan crack bisa di install berkali-kali dan di gunakan oleh banyak pengguna.

COOKIE : Adalah file data kecil yang di simpan dalam hard disk oleh beberapa situs web yang sedang di buka di browser, data ini berisi informasi yang dapat di gunakan oleh situs untuk melacak pola penggunaan web seperti histori.

BIOS (Basic Input / Output System) : Adalah perangkan lunak built-in yang menyediakan instruksi dasar untuk mengendalikan perangkat keras sistem tanpa melakukan akses kepada disk, BIOS ini mengandung semua kode yang di butuhkan untuk mengendalikan keyboard, monitor, disk drive, dan fungsi yang lainya.

BANDWIDTH : Menunjukan kapasitas dalam membawa informasi, istilah ini dapat di gunakan dalam banyak hal seperti telepon, jaringan kabel, jaringan internet, sinyal dll. paling tepat bandwidth di ukur dengan putaran perdetik atau hertz (Hz).

WWW (World Wide Web) : Adalah suatu informasi terdistribusi berbasis hypertext yang di buat oleh para peneliti CERN, dengan www, user dapat membuat mengedit , atau sekedar melihat-lihat dokumen hypertext (contohnya seperti anda melihat blog ini)

WORKGROUP : Dua orang atau lebih yang terhubung melalui jaringan LAN yang menggunakan file, database, dan resource lain secara bersama-sama.

WORKSTATION : Adalah komputer yang di gunakan oleh user untuk mengakses data dari/ke komputer server atau antar komputer.

UPS (Uninterruptable Power System) : Adalah sebuah alat yang merupakan back up satu daya bagi jaringan komputer agar dapat terus bekerja saat sumber listrik
dari PLN mati.

UNICODE : Adalah kode kesalahan program yang ada pada OS microsoft Windows NT serta IIS, sehungga jika suatu server memakai WinNT sebagai OS-nya maka OS tersebut harus di patch dengan benar, agar data yang ada tidak dapat di rusak oleh para script kiddies.

TRAFFIC : Dalam dunia telekomunikasi di ukur dalam satuan Erlang, adalah jumlah muatan yang ada di dalam sebuah saluran komunikasi di mana terjadi interaksi antara server antara server/provider dengan user, makin sedikit traffic yang etrjadi makin cepat aksesnya.

QUERY : Adalah suatu extracting data dari suatu database dan menampilkanya untuk pengolahan lebih lanjut.

OS/2 : Adalah sistem operasi uang di keluarkan oleh perusahaan komputer IBM.

NETWORK : Sekumpulan dari komputer-komputer yang saling terkoneksi dan dapat berinteraksi/berkomunikasi satu dengan yang lainya.

NEWSGROUP : Adalah suatu fasilitas yang dapat di gunakan sebagi forum diskusi di internet.

NETWORK ADAPTER : Adalah suatu alat yang terpasang pada komputer baik server maupun workstation sehingga memungkinkan keduanya untuk saling berkomunikasi pada suatu jaringan.

NETIQUETTE : Adalah suatu aturan atau etika dalam berinternet.

MODEM / MODULATOR : Adalah suatu alat yang bekerja mengubah sinyal analog (telepon) menjadi sinyal digital (komputer) dan sebaliknya.

LAN (Local Area Networks) : Adalah suatu sistem yang menghubungkan antara komputer satu dengan komputer lainya.

INTERNET : Kumpulan dari network (WAN) yang sangat luas yang saling terkoneksi dan dapat saling berkomunikasi.

IP (Internet Protokol) : Adalah protokol di internet yang mengurusi masalah pengalamatan dan mengatur pengiriman paket data sehingga sampai ke alamat yang benar.

HTTP (Hyper Text Transfer Protokol) : adalah suatu protokol internet yang di gunakan oleh World Wide Web (www)

HOST : Adalah sebuah komputer yang terhubung ke jaringan yang menyediakan layanan-layanan ke komputer lain lebih dari sekedar untuk menyimpan dan mengirim informasi.

GIF (Graphics Interchange Format) : Merupakan suatu format file untuk menyimpan data yang berupa gambar.

HTML (Hyper Text Markup Language) : Adalah bahasa markup/pemograman yang di gunakan untuk menggunakan sebuah halaman web untuk dapat menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah web browser.

XML (Extensible Markup Language) : Adalah format universal untuk dokumen terstruktur dan data pada web.

SVG (Scalable Vector Graphics) : Adalah format gambar yang umumnya di gunakan pada gambar vektor, keunggulan gambar berformat SVG adalah tampilanya yang tetap rapih meskipun di perbesar.

RSS (Rich Site Summary) : Adalah format file XML untuk web syndication yang di gunakan oleh website dan blog. RSS di gunakan untuk menyediakan informasi singkat dari konten sebuah website atau blog.

PROXY : Adalah sebuah ringkas untuk proxy server, komputer server atau aplikasi yang bertindak sebagai komputer lainya untuk melakukan request terhadap konten dari internet.

DATABASE : Suatu himpunan file yang terhubung secara logik yang memiliki common access, semua besaran data di tujukan pada beberapa sistem yang berhubungan.

DNS (Domain Name Sistem) : adalah suatu sistem untuk memetakan IP address dan anam host, dan unutk sarana bantu penyampaian email (email routing)

HHmmm....lumayan cape nih ngetiknya, ya udahlah segitu dulu yang pentingkan sobat hafal n ngerti.
Kalau mau ada yang nambahin sok monggo tulis di kotak komentar, saya akan langsung tulis di postingan ini.


By : Acek Prakasa ( http://www.prakasasion.tk )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar